Selasa, 27 Maret 2012

Pembagian Zona Flora Fauna Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki keunikan tersendiri, salah satunya dilihat dari jenis flora dan faunanya. Keadaan flora dan fauna Indonesia tidak terlepas dari pengaruh geologis. 
Berdasarkan sejarah geologis, Indonesia awalnya ada yang bersatu dengan benua Asia dan ada yang menyatu dengan benua Australia dan daerah tengah adalah daerah peralihan antara keduanya. 
Keadaan seperti ini berdampak pada jenis flora dan faunanya, sehingga Indonesia terdiri dari 3 zona flora dan fauna, yaitu :

1. Flora Fauna Asiatis  
Flora fauna ini memiliki kesamaan dengan flora fauna di Asia yang wilayahnya meliputi pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali (Paparan Sunda) yang dahulunya merupakan bagian dari benua Asia.Flora fauna tipe ini dipisahkan oleh garis Wallacea
2. Flora Fauna Australis
Flora fauna ini memiliki kesamaan dengan yang ada di benua Australia yang wilayahnya meliputi Papua (paparan Sahul) yang dahulunya merupakan bagian dari benua Australia. Flora fauna ini dibatasi dengan garis Weber
3. Flora fauna Peralihan
Flora fauna pada wilayah ini mirip dengan yang ada di Asia dan Australia. Wilayahnya meliputi Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku. Sebelah Barat wilayahnya dibatasi oleh Garis Wallacea dan sebelah Timur dibatasi oleh Garis Weber. 

Jadi sangatlah wajar jika Indonesia memiliki jenis flora dan fauna yang sangat banyak dan itu merupakan salah satu aset yang perlu kita pertahankandan lestarikan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar